Jumat, 05 April 2019

Laporan percobaan 6 (Alkohol dan fenol)


LAPORAN PRAKTIKUM
KIMIA ORGANIK I




DISUSUN OLEH :
DINDA ANGGUN EKA SAPUTRI
(NIM : A1C117079)

DOSEN PENGAMPU:
Dr. Drs. SYAMSURIZAL.,M.Si




       PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
         2019


















VII.Data Pengamatan

7.1 Kelarutan
NO.
PERLAKUAN
HASIL
1.
Tabung yang berisi 10 tetes etanol ditambah 2 ml air.
Ketika dicampurkan larutan etanol larut dalam air.
2.
Tabung yang berisi 10 tetes fenol ditambah dengan 2 ml air.
Ketika dicampurkan larutan fenol larut dalam air.
3.
Tabung yang berisi dengan 10 tetes madu ditambah dengan 2 ml air.
Ketika dicampurkan madu larut dalam air

7.2Reaksi dengan Alkali

NO.
PERLAKUAN
HASIL
1.
Tabung yang berisi 0.5 ml madu  ditambah dengan larutan Naoh sebanyak 5 ml dan dikocok.
Larutan menjadi berwarna kuning, dan larutannya larut.
2.
Tabung yang berisi 0.5 ml fenol  ditambah dengan larutan Naoh sebanyak 5 ml dan dikocok.
Larutan menjadi berwarna ungu dan berminyak. Ketika dikocok menjadi larut dan warna larutan menjadi bening.
3.
Tabung yang berisi 0.5 ml 2-naftol ditambah dengan larutan Naoh sebanyak 5 ml dan dikocok.
Larutan menjadi dan larut dalam NaOH.

7.3 Oksidasi dengan Asam Kromat (Pengujian Bordwell-Wellman)

NO.
PERLAKUAN
HASIL
1.
Tabung pertama diisi dengan 1 ml aseton ditambah dengan 2-butanol dan ditetesi 1 tetes reagen Bordwell-wellman.
Ketika dicampur warna tetap bening, dimasukkan reagen Bordwell-Wellman warna larutan menjadi orange dan ada gumpalan berwarna hijau tua didasar tabung. Ketika dokocok larutan makin jernih, dan gumpalan hijaunya semakin membesar.
2.
Tabung pertama diisi dengan 1 ml aseton ditambah dengan terbutil(madu) dan ditetesi 1 tetes reagen Bordwell-wellman.
Ketika dicampur warna menjadi orange dan ada hijau sedikit. Ketika dikocokwarna larutan menjadi kuning minyak, dan didinding tabung ada seperti bercak-bercak hijau yang menepel.
3.
Tabung pertama diisi dengan 1 ml aseton ditambah dengan korestrol (minyak jelantah)  dan ditetesi 1 tetes reagen Bordwell-wellman.
Ketika dicampur larutan menjadi keruh, ketika diaduk menjadi jernih. Ketika ditetesi reagen Bordwell-Wellman larutan menjadi warna orange , dibawah ada seperti serbuk dan terdapat dua fasa : orange dibagian bawah dan minyak diibagian atas.
4.
Tabung pertama diisi dengan 1 ml aseton ditambah dengan trifenil karbiol (kunyit) dan ditetesi 1 tetes reagen Bordwell-wellman.
Ketika dicampur warna larutan menjadi kuning keruh. Setelah digoncang warna larutan menjadi kuning jernih dan ditetesi reagen Bordwell-Wellman larutan menjadi warna orange, juga terdapat gelembung.

7.4 Reaksi Fenol dengan Brom

NO.
PERLAKUAN
HASIL
1.
Tabung reaksi yang diisi 1 ml fenol dan ditambah dengan 3 ml air
Larutan yang awalnya jernih ketika dicampur tetap jernih.
2.
Larutan tadi ditambah dengan HCl
Larutan tetap berwarna jernih.

7.5 Reaksi Fenol dengan Besi(III) Klorida

NO.
PERLAKUAN
HASIL
1.
Tabung 1
1-2 tetes fenol+5 mlaquades +1-2 tetes besi(III) klorida
Semua larut menjadi satu dan menghasilkan warna ungu jernih
2.
Tabung 2
1-2 tetes resorsinol+ 5ml aquades+1-2 tetes besi(III) klorida
Semua larut dan warnanya menjadi kuning jernih
3.
Tabung 3
1-2 tetes2 propanol + 5ml aquades+1—2 tetes besi (III) klorida
Semua larut dan menghasilkan warna kuning pudar

VIII. Pembahasan

Alkohol dan fenol merupakan dua senyaw organik yang memiliki gugus fungsi yang sama,dan keduanya memiliki peranan dalam kehidupan sehari hari. alkohol merupakan senyawa yang dapat bereaksi menjadi berbagai turunan misalnya seperti alkil halida dengan melalui proses reaksi subtitusi.dengan adanya sifat sifat yang dimiliki oleh fenol dan alkohol tersebut,dilakukan percobaan alkohol dan fenol. Pada percobaan ini dengan menggunakan beberapa zat yakni etanol,fenol,NaOH,n butanol,aseton dan madu. Sedangkan uji yang dilakukan pada percobaan ini adalah kelarutan,reaksi dengan alkali,oksidasi dengan asam kromat,reaksi fenol dengan brom. ( http://syamsurizal.staff.unja.ac.id/2019/03/28/reaksi-alkohol-dan-fenol298/
dengan hasil percobaan sebagai berikut

8.1 Kelarutan

 Pada percobaan kali ini kami menguji alkohol dan fenol dengan menggunakan uji kelarutan,dimana pada percobaan ini senyawa yang digunakan adalah etanol,fenol dan madu.
Pada tabung yang pertama,kami memasukan 10 tetes etanol (0,5 ml) kemudian ditabahkan dengan 2ml aquades.berdasarkan perlakuan yang kami amati,ketika kami mencampurkan etanol dan aquades,larutan etanol larut dalam air. Kemudian pada tabung reaksi yang kedua,kami memasukan 10 tetes fenol ke dalam tabung reaksi kemudian ditambahkan dengan 2ml aquades,saat kami tambahkan 2 ml aquades larutan fenol larut dalam alkohol.dan pada tabung reaksi yang ketiga,kami memasukan 10 tetes madu ke dalam tabung reaksi kemudian ditambahkan dengan 2 ml aquades,saat kami tambahkan aquades,madu larut dalam air.dengan adanya hasil pengamatan ini,kami menarik kesimpulan bahwa uji kelarutan dalam air dengan menggunakan alkohol dan fenol larut dalam air. Alkohol dapat larut dalam air diarenakan pada gugus hidroksi pada alkohol dapat membentuk ikatan hidrogen dengan molekul air,kelarutan alkohol dalam air dipengaruhi juga oleh banyak nya rantai C,semakin banyak rantai C pada alkohol maka alkohol semakin sukar larut dalam air.

8.2 Reaksi dengan alkali

Pada percobaan reaksi dengan alkali,kami menggunakan madu,fenol dan 2 naftol dan NaOH,penggunaan NaOH dikarenakan Na merupakan salah satu unsur alkali sehingga dapat diujikan. Pada tabung reaksi yang pertama,dimasukkan 0,5 ml madu kemudian ditambahkan dengan larutan NaOH sebanyak 5 ml setelah itu dikocok,saat dilakukan pengcocokan campuran menjadi berwarna kuning dan larut.kemudian pada tabung reaksi yang kedua,dimasukkan 0,5 ml fenol kemudian ditambahkan dengan NaOH sebanyak 5 ml saat dicampurkan larutan menjadi berwarna ungu dan berminyak,kemudian dikocok. Setelah dilakukan pengocokan,larutan menjadi larut dan berwarna bening. Pada tabung reaksi yang ketiga, dimasukkan 0,5 ml 2 naftol kemudian ditambahkan NaOH sebanyak 5 ml kemudian dikocok,setelah dikocok 2 naftol dan NaOH larut. Berdasarkan hasil percobaan,kami mendapatkan kesimpulan bahwa alkohol dan fenol dapat bereaksi dengan alkali.pada alkohol dapat bereaksi dengan NaOH dengan membentuk natrium alkoksida,pada fenol bereaksi dengan NaOH dengan membentuk garam natrium fenoksida

8.3 Oksidasi dengan asam kromat (Pengujian bordwell wellman)

Pada percobaan oksidasi dengan asam kromat,hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah dengan membuat reagent bordwell wellman,dimana cara pembuatannya dengan dilarutkan 25 gr anhidrat kromatid dalam 25 asamsulfat pekat dan diencerkan dengan 75 ml air suling dengan hati hati. Pada percobaan ini,di uji alkohol dengan menggunakan madu,korestrol,trifenil karbinol,dan 2 butanol. Dimasukan 1 ml aseton kepada masing masing empat tabung reaksi yang berbeda,setelah itu ditetesi dengan 1 tetes reagen bordwell wellman setelah itu di uji. Pada pengujian pertama yakni dengan 2 butanol,saat aseton ditambahkan dengan 2 butanol campuran tetap berwana bening,kemudian setelah ditetesi 1 tetes reagen bordwell wellman warna larutan menjadi orange dan terdapat gumpalan yang berwarna hijau tua di dasar tabung reaksi,setelah itu dikocok. Berdasarkan pengamaan,setelah dikocok larutan menjad jernih dan gumpalan yang berwarna hijau menjadi semakin banyak. Saat pengujian dengan menggunakan madu,ketika madu dicampur dengan aseton warna campuran berubah warna menjadi orange dengan hijau sedikit pada campuran,setelah itu ditetesi dengan 1 ml reagen bordwell wellman warna larutan menjadi kuning minyak dan terdapat bercak bercak hijau yang menempel pada tabung reaksi.
Pada pengujian dengan korestrol,digunakan minyak jelantah. Saat minyak jelantah ditambahkan dengan aseton 1ml awalnya larutan menjadi keruh,emudian menjadi jernih ketika diaduk. Setelah ditetesi dengan reagen bordwell wellman,larutan menjadi berwarna orange dan dibagian bawah larutan terihat seperti ada dua fase yakni dibagan atas minyak,dan dibagian bawah berwarna orange.
Pada uji dengan trfenil karbiol,digunakan kunyit. Saat 1 ml aseton ditambahkan dengan kunyit yang sudah digerus,campuran menjadi berwarna kuning keruh.setelah itu didtetesi dengan 1 tetes reagen bordwell wellman larutan menkadi berwarna orangre dan terdapat gelembung.

8.4 Reaksi fenol dengan klor

Pada percobaan ini dilakukan reaksi fenol dengan brom,dimanake dalam larutan 1 ml fenol ditambahkan dengan 3 ml air aquades,setelah dicampur ditambahkan dengan air brom. Pada percobaan ini seharusnya menggunakan air brom,karena terbatasnya alat dan bahan pada laboraturium kami menggnatikan brom dengan menggunakan air klorida. Mula mula saat 1 ml fenol ditambahkan dengan 3 ml aquades larutan sedikit kerih,kemudian saat idtambahan dengan air kloruda dan digoncang larutan menjadi jernih

8.5 Reaksi fenol dengan besi (III) klorida

Pada percobaan ini direaksikan fenol dengan besi (III) klorida,dimana menggunakan tiga buah tabung reaksi dan diuji dengan fenol,resornisol,2 propanol p.pada tabung reaksi yang pertama,1-2 tetes fenol ditambahkan dengan 5 ml aquades kemudian ditabahkan 2 tetes besi(III) klorida,setelah diaduk,berdasarkan hasil pengamtan pada tabung reaksi I campuran menjadi larut dan menghasilkan warna menjadi berwarna ungu jernih. Pada tabung reaksi 2,1-2 tetes resorsinol ditambahkan dengan 5 ml aquades kemudian ditambahkan 2 tetes besi (III) klorida,pada campuran tabung reaksi 2 campuran larut dan warnanya berubah menjadi kuning jernih. Selanjutnya pada tabung reaksi ke 3, 1-2 tetes 2 propanol ke dalam tabung reaksi kemudian ditambahkan aquades sebanyak 5ml,kemudian ditambahkan besi(III) klorida ebanyak 2 tetes kemudian diaduk, saat selesai pengadukan larutan menjadi larut dan memiliki warna kuning pudar.

IX. Kesimpulan

Pada percobaan kali ini dapat ditarik kesimpulan bahwa
  • Alkohol dan fenol merupakan senyawa yang memiliki gugus fungsi yang sama, namun alkohol dan fenol memiliki perbedaan sifat yakni pada alkohol sebagian gugus dapat larut dalam air tetapi pada alkohol yang sederhana , sedangkan kelarutan fenol dalam air akan berkurang jika gugus nonpolar terikat pada cincin aromatik
  • pada alkohol primer tidak bereaksi dengan reagent lucas,pada alkohol skeunder akan larut dan menghasilkan larutan yang bening kemudian membentuk klorida (dalam bentuk keruh)  sedangkan alkohol tersier lebih dapat bereaksi dengan reagent lucas dibandingkan dengan alkohol sekunder. reaksi fenol dan air brom menghasilkan 2,4,6 tribromofenol yang sukar larut dalam air dan fenol bereaksi dengan FeCl3 ­membentuk senyawa kompleks serta terjadi perubahan warna menjadi ungu sedangkan alkohol tidak. 
  • Alkohol memiliki kecepatan reaksi yang berbeda terhadap suatu reagen tertentu,dan memiliki hasil yang berbeda pula tergantung pada jenis alkoholnya 
X. Daftar pustaka

Arsyad.2000. Ekstraksi senyawa organik. Bandung;ITB

Dede.2013. Reaksi berkatalis asam dari suatu anhibrida. jurnal sains 5(1)

Keenan.2005. Kimia Organik. Jakarta;Erlangga


Syukri.2005. Kimia Organik I. Jakarta;Erlangga

Tim penuntun kimia organik. 2019. Tim penuntun praktikum kimia organik I. Jambi;Universitas Jambi



Pertanyaan
1. Dari percobaan yang dilakukan apa yang menyebabkan alkohol dapat larut dalam air?
2. Bagaimana hasil percobaan oksidasi dengan asam kromat dengan menggunakan trifenil karbiol?
3.Bagaimana cara kita mengidentifikasi alkohol pada oksidasi asam kromat?



Lampiran


Pengujian oksidasi dengan asam kromat



pengujian reaksi fenol dengan besi (III) klorida


Perbandingan hasil kelarutan pada madu,fenol dan 2 naftol

hasil pengujian reaksi fenol dengan klor

4 komentar:

  1. Nama putri (57) akan menjawab pertanyaan no 3 Memgudentifikasi alkohol pada oksidasi asam kromat dapat dilakukan dengan melihat hasil warna akhir campuran ketika dilakukan penambahan reagen Bordwell wellman,sehingga dapat menandakan apakah merupakan alkohol primer,sekunder atau tersier.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya Elda Septiana (027) akan menjawab no 1
    Alkohol dapat larut dalam air karena adanya gugus hidroksi pada alkohol dan dapat membentuk ikatan hidrogen dengan molekul air

    BalasHapus
  4. Saya Friska Utami (A1C117021) akan menjawab pertanyaan no.2. Pada uji trifenil karbiol,digunakan kunyit. Dimana hasilnya berupa warna kuning yang keruh ketika ditambahkan aseton,kemudian menjadi orange dan terdapat gelembung ketika diberi reagen Bordwell wellman

    BalasHapus