Rabu, 08 Mei 2019

Laporan percobaan 9 (Keisomeran geometri)


LAPORAN PRAKTIKUM

KIMIA ORGANIK I



DISUSUN OLEH :
DINDA ANGGUN EKA SAPUTRI
(NIM : A1C117079)

DOSEN PENGAMPU:
Dr. Drs. SYAMSURIZAL.,M.Si




       PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
             2019














VII. Data pengamatan


No. No
k
akuaOP
Perlakuan

Hasil pengamatan
Hasil
1.
Menggerus sampel asam maleat (apel hijau)
Ekstrak diambil 20ml, warna larutan coklat
2.
Dimasukkan ke labu dasar bulat, ditambahkan HCl
Warna larutan cokelat tua
3.
Sampel direfluks selama 10 menit
Warna sampel menghitam dan menggelegak
4.
Disaring sebanyak 2 kali penyaringan
Warna endapan hitam, warna filtrat cokelat pekat
5.
Dijenuhkan dalam batu es
Bau filtrat = karamel
Warna coklat

VIII. Pembahasan

8.1 Keisomeran geometri


Pada praktikum kali ini,kami melakukan percobaan keisomeran geometri. Keisomeran geometri dilakukan dengan pengubahan asam maleat menjadi asam fumarat,dimana dari hasil percobaan dapat kita uji dengan pengamatan sifat sifat yang ditunjukan secara kimia. Suatu isomer geometri dengan orientasi tertentu dapat dirubah,misalnya pada asam maleat mejadi asam fumarat.dimana asam maleat atau cis asam butenadioat memiliki dua gugus karboksilat. (http://syamsurizal.staff.unja.ac.id/2019/04/20/keisomeran-geometri-transformasi-asam-maleat-menjadi-asam-fumarat/ )

Isomer geometri adalah suatu terbentuknya isomer yang disebabkan karena adanya perebdaan letak gugus di dalam ruang atau bidang. Pada percobaan keisomeran geomteri kali ini,seharusnya pada percobaan ini digunakannya anhibrida maleat namun karena keterbatasannya bahan di laboraturium,kami mengganti anhibrida maleat dengan menggunakan apel hijau.karena apel hijau dipercaya mengandung asam maleat, salah stau cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui aakah buah apel hijau memiliki kandungan asam maleat atau tidak adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apaaja yang merupakan sifat sifat dari asam maleat ,misalnya adalah sifat keoksidasiannya. asam maleat memiliki sifat mudah teroksidasi dengan oksigen diudara dan mengalami perubahan warna,selain itu asam maleat memiliki sifat larut dalam etanol 85% dan tidak larut dalam  benzena. 

mula mula apel hijau ditumbuk dan disaring untuk mendapatkan ekstraknya,apel hijau yang kami gunakan dalam percobaan ini sebanyak dua buah.setelah didapat ekstraknya,kemudian diambl ekstrak apel sebanyak 20 ml kemudian dimasukkan ke dalam labu dasar bulat kemudian ditambahkan HCl sebanyak 15 ml,fungsi ditambahkannya HCl pada perlakuan ini adalah sebagai katalis,sehingga dapat mempercepat reaksi yang terjadi. Pada saat ekstrak asam maleat di campurkan dengan HCl warna larutan tetap berwarna coklat muda,coklat muda ini dikarenakan berasal dari warna ekstrak apel hijau. Setelah itu, ekstrak apel dan HCl direfluks selama 10 menit pada suhu sekitar 70 sampai 80 derajat celcius. fungsi perefluksan disini adalah sebagai pembantu dalam proses pemanasan asam fumarat,agar dihasilkan panas yang merata. Setelah direfuks,dilanjutkan dengan tahap kristalisasi. Dimana tujuan di kristalisasi ini adalah untuk menjenuhkan senyawa yang sudah didapatkan dari hasil refluks,pada proses kristalisasi ini kami menggunakan es batu untuk membantu menurunkan suhu pada sample ,saat di kristalisasi terlihat wara pada sampel menjadi lebih pekat dan berbau seperti karamel. Namun,pada percobaan ini kami tidak mendapatkan kristal pada saat kristalisasi sehingga kami tidak bisa menguji titik leleh nya,tidak didapatkannya kristal pada percobaan ini diduga pada saat mengekstraksian apel tidak dilakukan secara sempurna,sehingga terdapat kandungan senyawa lain yang terdapat pada apel.

IX. Kesimpulan

Dari percobaan yang dilakukan,dapat ditarik kesimpulan bahwa

  • Isomer geometri adalah suatu isomer yang terbentuk dengan mempunyai rumus molekul yang sama,namun berbeda dalam peletakan atom pada ruang nya.
  • perbedaan konfigurasi cis dan trans adalah pada isomer cis terdapat molekul dimana dua atom yang sama berada di sisi yang sama dari ikatan rangkap,pada isomer trans terdapat molekul dimana dua atom yang sama di sisi yang berlawanan atau bersebrangan dari ikatan rangkap

X. Daftar Pustaka
  • Muchalal.2004. The stereochemistry effect of eugenol cis isoeugenol and trans isoeugenol their catalytic hidrogenation. Indonesian jurnal for chemistry. 4(2)
  • Rivai.1994. Asas pemeriksaan kimia. Jakarta;Universitas Indonesia
  • Tim penuntun kimia orgnaik.2019. penuntun praktikum kimia organik. Jambi: Universitas Jambi
  • Underwood.1987. Analisis kimia kualitatif. Jakarta:Erlangga


Lampiran gambar


Tahaap peyaringan pertama
Kristalisasi

Hasil penyaringan refluks

 proses penyaringan
perefluksan




Pertanyaan 
  1. Bagaimana cara kita mengetahui terdapat asam maleat pada apel hijau?
  2. dari percobaan yang telah dilakkan,apaa tujuan dari pemberian HCl ?
  3. Apa tujuan perefluksan pada percobaan yang sudah dilakukan?

















3 komentar:

  1. Saya Elda Septiana (A1C117027) akan menjawab no 1.
    salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu sifat yang dimiliki oleh asam maleat,asam maleat memiliki sifat yang mudah teroksidasi oleh oksigen di udara dengan mengalami perubahan warna,serta asam naleat memiliki sifat mudah larut dalam etanol namun tidak larut dalam benzena.

    BalasHapus
  2. nama saya putri milenia (57) akan menjawab pertanyaan no 2, Pada pemberian HCl berfungsi sebagai katalis,sehinga dapat mempercepat reaksi yang terjadi pada asam maleat

    BalasHapus
  3. Saya Friska Utami (A1C117021) akan menjawab pertanyaan no.3. Fungsi refluks adalah untuk membantu pemanasan pada campuran asam maleat

    BalasHapus